Sekilas tentang Self-Access Center (SAC) LTC UMY
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang diantaranya adalah konsumen, karyawan, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, yakni suatu organisasi, terutama perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden saja, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang.
Dengan landasan tersebut, Language Training Center Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membuat program Self-Access Center (SAC). SAC menyediakan fasilitas tambahan bahasa asing non formal untuk para mahasiswa sehingga mereka dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa asing mereka serta dapat mengenal lebih dalam mengenai budaya-budaya asing.